Jumat, 04 September 2015

Alat-alat yang ada di Studio tv




·         Pemancar-penerima (transceiver) adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah alat ke sebuah jaringan dengan teknologi pemancaran pita basis (baseband) sehingga alat tersebut dapat memancarkan dan menerima sinyal di dalam jaringan tersebut. Secara sederhana pemancar itu merupakan perangkat yang menghasilkan gelombang radio. Pemancar menghasilkan gelombang bolak-balik dari antena, gelombang itu akan dikirimkan dan ditangkap oleh antena yang lain sampai diproduksi ke dalam apa yang Anda gunakan untuk mendapatkan gelombang itu. Misalnya GPS, Radio, TV.

·         Transmitter adalah alat yang digunakan untuk mengubah perubahan sensing element dari sebuah sensor menjadi sinyal yang mampu diterjemahkan oleh controller. Secara singkatnya Transmitter adalah alat untuk mengubah suatu informasi menjadi gelombang elektomagnetik agar bisa melalui tahap proses modulasi.

·         Video mixer adalah suatu alat yang dapat mengontrol output video yang diinginkan dari beberapa input video, disini video mixer digunakan untuk menggabungkan sinyal video dari 2 atau lebih sumber. Input video akan disinkronisasi, kemudian dicampur bersama dengan berbagai efek. Sebuah mixer akan menghasilkan sinyal sinkron untuk tambahan sumber pertama.

·         VTR adalah peralatan yang terdiri dari sistem elektronik dan mekanik yang  digunakan untuk merekam (record) dan memutar (play back) sinyal gambar (video) serta sinyal suara (audio) untuk keperluan siaran, dengan media penyimpanan/perekamannya adalah pita magnetik. Selain kedua sinyal tadi juga terekam sinyal kontrol CTL (Control Track Line) dan sinyal address TC (Time Code), sehingga kita dapat mengetahui posisi suatu gambar dan audio pada kaset (tape) berdasarkan time code-nya. VTR terdiri dari beberapa macam berdasarkan tipe kaset (tape) nya, yaitu: U-Matic, Betacam, DVC Pro, /S-VHS.

·         Konektor RCA adalah Konektor yang biasa digunakan pada kabel yang membawa sinyal audio dan video (analog). Kita dapat melihatnya pada perangkat vcd/dvd player ataupun video game ketika dihubungkan ke tv. Konektor ini dapat melewatkan sinyal dengan frekuensi 0-100 MHz. Kabel merah dan putih menandakan kabel itu membawa sinyal audio(suara),sementara yg berwarna kuning membawa sinyal video.

·         Kabel HDMI  berguna untuk menyampaikan data audio dan video secara digital, sesuai untuk ditampilankan pada layar berkualitas HD (High-Definition). Keunggulan HDMI dari kabel Component atau kabel sebelumnya, adalah kualitas tinggi pada hasil konversi audio dan video yang melalui kabel HDMI tersebut. HDMI Merupakan Kombinasi signal video dan Audio ke dalam  interface digital dan  hanya menggunakan satu port, sedang pada kabel Component membutuhkan tiga port untuk mengkonversikan audio dan video.

·         Format/bentukjadi berkas Video adalah suatu bentukjadi yang digunakan dalam menyimpan berkas video pada sistem komputer.
Secara garis besar, format video yang berkembang saat ini dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu:
      • Video analog format encoding: NTSC, PAL, SECAM, RF, Composite Video, Component Video, S-Video, dan RGB. 2.
      • Video analog format kaset: Ampex, VERA (BBC), U-matic, Betamax, Betacam, Betacam SP, VHS, S-VHS, VHS-C, Video 2000, 8mm tape, dan Hi8.
      • Video digital format kaset: D1, D2, D3, D4, D5, Digital Betacam, Betacam IMX, D-VHS , DV, MiniDV, MicroMV, dan Digital8.
      • Disk optik format penyimpanan: VCD, DVD, dan LaserDisk.
      • Video digital terpilih format encoding: CCIR 601, MPEG-2, H.261. H.263. dan H.264
 
 
 
 Tugas Sistem Studio tanggal 2 September 2015.
 

1 komentar: