Kamis, 17 September 2015

Perubahan Pada Media massa di Indonesia

Media massa sejatinya berperan sebagai agen of change yang diantaranya sebagai institusi pencerahan untuk masyarakat untuk memberikan edukasi. Namun pada kenyataannya saat ini peran edukasi untuk masyarakat menjadi pudar. Menurut Anda mengapa hal ini bisa terjadi? dan berikanlah contoh-contoh program yang sifatnya mengarah kepada pengikisan moral masyarakat
Seperti yang kita ketahui bahwa peran media massa pada awalnya itu hanya 3 yaitu to inform, to educate, and to entertain but peran media massa sebagai agen of change di indonesia itu pudar dikarenakan beberapa aspek menurut saya. 
  • aspek pertama itu dikarena pemilik dari perusahaan televisi itu terlalu menganut paham kapitalisme dan individualisme, sehingga pemilik modal menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang sebesar-besarnya dari suatu program. dan semua itu akan merujuk kepada profit oriented dimana pemilik modal itu menyetujui segala program yang bisa menguntungkan didalam bisnis pertelvisian, bisa diperjual belikan dan meningkatkan rating and share program itu walaupun program itu bisa membuat masyarakat bodoh.
  • aspek kedua itu dikarenakan KPI itu kurang tegas terhadap stasiun televisi yang membuat program seenaknya tanpa memperhatikan peran media massa, sehingga semakin banyak program-program tidak jelas yang ada dan tersiar di indonesia itu membuat masyarakat semakin tertinggal dengan masyarakat negara lain. KPI itu seharusnya lebih tegas dan lebih menekankan kepada Televisi swasta agara program yang disiarkan itu harus mengandung to inform and aducate jangan hanya to entertain.
  • Aspek ketiga itu karena stasiun televisi dan pemancar di indonesia itu banyak. seandainya dulu pemancar itu hanya milik TVRI, mungkin siaran di indonesia bisa di atur sehingga acara-acara itu bisa diseleksi mana acara yang bisa ditayangkan dan berdampak baik untuk masyarakan, dan mana yang hanya membodohi masyarakat.
  • aspek terakhir itu adalah dari kita, karena kebanyakan dari kita hanya Talk to much with not action. kita telah mengetahui bahwa program itu membodohi kita tetapi kita hanya diam dan tetap membiarkan orang-orang menonton program itu bahkan sebagian kita juga malah ikut menonton acara itu.
Contoh nyata dari program yang sifatnya mengarah kepada pengikisan moral masyarakat :
  • Acara Gosip, menurut saya acara gosip di indonesia itu hanya membuat masyarakat bodoh karena gosip hanya menanyangkan sesuatu yang tidak penting dan terdang suatu kejadian yang kecil bisa menjadi besar karena acara gosip. dan semua itu bisa membuat membuat para penonton ikut memikirkan kejadian yang ada di gosip itu bahkan terkadang bisa keluar dari kehidupan nyata mereka (berkhayal)
  • Acara pernikahan Raffi & Nagita, acara itu diadakan hanya untuk meningkatkan rating and share. padahal waktu 8 jam itu bisa digunakan stasiun tv itu untuk menyiarkan sesuatu yang lebih penting. dan menurut saya fungsi dari acara itu is NOTHING, karena setelah menonton acara itu kita tidak mendapatkan apa-apa kecuali Drama Kehidupan Ala-ala artis.




Pesan untuk kalian para broadcaster dari saya adalah..jika kalian jadi program director buatlah negaramu maju kedepan bukan maju mundur mundur dengan program-program yang mendidik, dan membuat mereka kreatif, inovatif , dan bget a better life :)
sebenarnya masih banyak lagi acara-acara Televisi yang mengikis moral masyarakat.. tapi mungkin cukup sekian dan terima kasih :)

IG: Armaals :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar