Kamis, 17 September 2015

komunikasi satu arah dan komunikasi 2 arah

1. Proses komunikasi massa  pada dasarnya memang dilakukan satu arah, pada era new media proses komunikasi tidak lagi satu arah karena bisa menggunakan media internet dan yang lainya sehingga para penonton bisa memberika feedback pada suatu komunikasi massa. komunikasi massa yang biasanya menimbulkan feedback biasanya dilakukan oleh radio, dan televisi. radio dan televisi biasanya melakukan interaksi kepada penonton dengan menggunakan media internet sebut saja twitter dan instagram serta juga berinteraksi menggunakan telepon.
contohnya seperti acara pencarian bakat di rcti, para penonton disediakan aplikasi dimana mereka yang menggunakan aplikasi tersebut bisa memberikan komentar terhadap program itu.
2. kelebihan dari model komunikasi massa aliran 2 tahap itu adalah pesan  dari komunikator tidak disampaikan secara langsung karena pesan itu ditampung di opinion leader selebelum disampaikan ke komunikan. sehingga pesan bisa disampaikan oleh opinion leaders secara menyeluruh kepada komunikan, karena pesan memiliki efek yang lebih kuat. dan  juga membuat komunikasi massa dan kkomunikasi antarpribadi saling berhubungan.
Kekurangan dari model komunikasi aliran 2 tahap itu adalah  media massa sebagai kreator tidak terlalu terlihat karena yang terlihat adalah opinion leader. dan juga membuat media massa terlalu bergantung kepada opinion leader karena opinion leaderlah yang menyampaikan pesan dari media massa itu ke pada penerima peasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar