Selasa, 28 Juni 2016

Program Talkshow

Talkshow
Terdapat tiga jenis format orogram talk show yaiutu :
1.                  Talkshow news : program dialog yang dipandu oleh seorang pembawa acara/moderatir/host dengan beberapa narasumber sesuai kebutuhan redaksi/current affair. Yang membahas berkaitan dengan hardnews dari program berita sesuatu stasiun televisi atau isu hangat yang sedang berkembang.

2.                  Talk show entertaiment : program yang dipandu oleh host/ pembawa acara yang umumnya sudah memiliki ketenaran dengan beberapa narasumber sesuai yang menjadi isu hangat dan menarik bagi departemen program stasiun televisi.

3.                  Talk show sponsorship : program dialog yang dipandu oleh seorang pembawa acara/moderatir/host dengan beberapa narasumberyang menseponsori atau mem-bloking program sesuai konsep produser/tim kreatif, dengan konten yang membahas segala sesuatu yang merupakan promosi komersial atau sosialisasi program kerja yang dikemas semenarik munhkin oleh departemen program, atau ph yang sesuai permintaan oleh pihak sponsorship.

Format narasumber pada talkshow :
1.                  One to one
2.                  Many to many
3.                  One to many

Tips kreatif memproduksi program talkshow
1.            Pembicaraan harus ada perlawanan (pro dan kontra)
Harus ada yang setuju dan harus ada yang menolak. Berikanlah kesempatan kepada penonton untuk mengikuti alasan-alasan oembicaraan dalam adu debat secara wajar. Bila perdebatan tidak beranjak dari satu topik, tetapi masih menarik, biarkanlah mengalir selama masih ada waktu yang memungkinkan. Jangan melakukan pemotongan saat pembicaraan memuncak pada inti konflik.
Pada talk show mutlak dibutuhkan sebuah pedebatan konflik agar menjadi menu utamaa dan daya tarik penonton.
2.            Pembawa acara menguasai topik yang dibicarakan
Hal ini sangat untuk diperhatikan oleh oleh sutradara . karena program ini kurang menantang. Pembawa acara talkshow adalah seseorang entertainer, maksudnya host harus memiliki kemampuan menghibur untuk menguasai pembicaraan dan membuat pertanyaan-pertanyaan uang menarik untuk menjawab keingintahuan masyarakat.
3.            Host talkshow harus memiliki jam terbang tinggi
Host dalam talkshow harus memiliki keterampilan yang bisa menjiwai isu hangat, momentum penting yang dibahas sesuai .
4.            Shot the people who talk

5.            Insert footage, company dan grafic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar