Rabu, 26 Oktober 2016

ELEMEN UTAMA KOMUNIKASI POLITIK

ELEMEN UTAMA

AKTOR POLITIK
o    INDIVIDU YANG MENYALURKAN ASPIRASINYA MELALUI ORGANISASI DAN LEMBAGA UNTUK MEMPENGARUHI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
·          ORGANISASI POLITIK
PARTAI POLITIK
PARTAI MASSA                                         PARTAI ASAS
            BERBASIS PADA MASSA                         BASIS PADA IDEOLOGI

*         MENGHUBUNGKAN PEMERINTAH DENGAN PIHAK-PIHAK DI LUAR PEMERINTAH
*         FOKUS PADA KEGIATAN DI MASA PEMILU UNTUK MENGGALANG MASSA DUKUNGAN PEMILU
*         DISEBUT PATRONAGE PARTY ATAU PARTAI MASSA, YANG MENGANDALKAN MASSA TETAPI DENGAN DISIPLIN ANGGOTA YANG RENDAH (BUDIARDJO, 2010)

KELOMPOK PUBLIK
*         KELOMPOK NON PARTAI YANG MEMPUNYAI TUJUAN POLITIK
*         DIKENAL JUGA SEBAGAI ORMAS. BIASANYA MEMILIKI ALIANSI DENGAN PARTAI POLITIK
*          KELOMPOK PUBLIK BERUSAHA MENDAATKAN DUKUNGAN PUBLIK MELALUI KOMUNIKASI POLITIK:
1.        LOBI
2.        PERIKLANAN
3.        HUMAS
4.        AKSI DEMONSTRASI
5.         
KELOMPOK PENEKAN
*         KELOMPOK INI TIDAK TERLALU TERINSTITUSIONALISASI DAN LEBIH POLITIS DALAM MENYUARAKAN KEPENTINGANNYA
*         MEMILIKI KEPEDULIAN TERHADAP ISU-ISU TERTENTU SEPERTI KONSERVASI LINGKUNGAN. BIASANYA TERFOKUS PADA SATU ISU
*         DI INDONESIA, DIKENAL SEBAGAI LSM
*         KEMAMPUAN FINANSIAL TERBATAS, JADI HARUS MEMILIKI KEMAMPUAN HUMAS DAN IKLAN YANG LEBIH MISALNYA DENGAN AKSI TEATRIKAL ATAU ATRIBUT YANG UNIK SUPAYA MENDAPAT LIPUTAN MEDIA
*         PUBLIKASI DILAKUKAN MELALUI SELEBARAN DLL

KELOMPOK TERORIS
*         ELOMPOK YANG MENGGUNAKAN TAKTIK TEROR SEBAGAI METODE UTAMA UNTUK MERAIH TUJUAN POLITIKNYA
*         TIDAK HANYA BERPUSAT PADA SATU NEGARA
*         TEKNIK KOMUNIKASI POLITIK:
HUMAS DAN MANAJEMEN MEDIA : RILIS, KONFERENSI PERS
MEDIA SOSIAL DAN INTERNET

·          MEDIA MASSA
BRIAN MC NAIR (1999)
FUNGSI MEDIA ADALAH SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK YANG AWALNYA BERASAL DARI LUAR MEDIA ITU SENDIRI DAN SEKALIGUS SEBAGAI PENGIRIM PESAN POLITIK YANG DIKONSTRUKSI OLEH JURNALIS

AKTOR DAN PANGGUNG POLITIK
MEDIA
KHALAYAK
*         KEPEMILIKAN:
1.        NOT-FOR-PROFIT MEDIA.
                        DIORGANISASIKAN OLEH KELOMPOK KEPENTINGAN. PEKERJA MEDIA SEBAGAI AGENCY. TERBATAS SECARA KUANTITAS DAN KUALITAS

2. PUBLIC/STATE OWNED
                        MEDIA ADALAH ALAT HEGEMONI NEGARA. PUBLIC OWNED DIGUNAKAN UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK DAN DIBIAYAI PAJAK

3. PRIVATELY OWNED MEDIA
                        MEDIA DIMILIKI SWASTA, DIKONTROL OLEH INDIVIDU/KELOMPOK ATAU HOLDING COMPANY. MANAJEMEN MEDIA TIDAK LEPAS DARI KEPENTINGAN PEMILIK MODAL

·          WARGA NEGARA
INDIVIDU YANG MEMPUNYAI PENGARUH TERHADAP MASYARAKAT LAINNYA SEHINGGA MEMPUNYAI PENGARUH JUGA TERHADAP KEPUTUSAN POLITIK, MISALNYA INDIVIDU DALAM BUDAYA POPULER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar