Selasa, 05 Januari 2016

Pengenalan tentang sistem studio



Sistem studio merupakan kegiatan pemrosesan berupa input dan output materi berupa audio dan visual. Dimana gambar yang diambil dari apa yang direkam dihadapan kamera studio (input). Kemudian diproses untuk diatur tampilan dan suara yang akan direkam atau langsung disiarkan untuk diterima oleh masyarakat (output).
Tugas CREW dalam Master Control Room (MCR)
1.   Producer : Producer merupakan pimpinan tertinggi yang bertanggung jawab atas semua aktivitas pembuatan program. Untuk kebutuhan tertentu, terdapat sebuah komputer dengan system on line seperti New Q Pro yang terhubung langsung dengan di tele prompter sehingga producer atau scripwritter dapat melakukan perubahan atau penambahan script yang muncul yang akan dibacakan oleh anchor. Sistem tersebut juga secara online dapat menghitung durasi per materi sehingga produser dapat informasi yang akurat saat membatalkan (drop) atau menambah materi didalam segmen agar sesuai dengan durasi dan kebutuhan.
2.   Program Director (PD)
Dibawah producer program, terdapat program director (PD) yang bertanggung jawab terhadap teknis pelaksanaan dan melakukan pemilihan gambar dan suara sesuai rundown. PD seperti layaknya video editor yang dituntut mengerti tentang komposisi gambar, kontinuitas dan sebagainya, hanya saja semua proses dilakukan melalui master control, sehingga PD dapat mengarahkan secara langsung pergerakan kamera,  talent, audio,mengkoreksi lighting, make up, wardrobe, property dan sebagainya. Berbeda dengan video editor yang harus menyusun gambar lewat materi yang sudah terekam. Dibeberapa stasiun TV, PD juga mengoperasikan switcher agar keputusan pemilihan gambar dan pengeksekusian melalui switcher tidak mengalami keterlambatan.
3.   Pengoperasi Switcher (Switcherman)
Switcherman bertanggungjawab untuk mengoperasikan mesin switcher. Switcher merupakan alat untuk memilih satu gambar dari berbagai macam source untuk disiarkan atau direkam. Switcher memiliki fitur yang beraneka ragam tergantung produsennya, diantaranya mampu berperan seperti layaknya software editing, seperti melakukan chroma key, super impose dan sebagainya.
4.   Penata Aksara /Character Generic (CG) : Penata aksara bertugas untuk menampilkan data grafis pada visual.
5.   Penata Suara (Audioman) : Penanggung jawab audio atau suara dari studio.
6.   Pegoperasi VTR (VTRman) : Mengelola dan merekam gambar dan suara yang dipilih oleh switcher.
Equipment & Crew Studio
Didalam ruang ini, terdapat berbagai macam SDM dan peralatan untuk menghasilkan sebuah program, yaitu
1.   Floor Director (FD) : Asisten PD di studio yang menerima perintah dari PD untuk mengarahkan acara.
2.   Presenter (Anchor) : Pemandu acara
3.   Cameraman : Orang yang mengoperasikan kamera
4.   Lightingman : Operator pencahayaan di studio
5.   Make Up Artist : Bertugas sebagai orang yang merias dan menata talent untuk tmpil menarik dihadapan kamera.
6.   Wardrobe : Mengatur kostum dan aksesoris talent agar terlihat prima saat on air.
7.   Set & Property : Mengatur set panggung, studio, dan property yang disertakan untuk program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar