Selasa, 05 Januari 2016

Sistem Organisasi penyiaran di televisi indonesia


Sistem Organisasi penyiaran di televisi indonesia
Executive Producer
Seorang yang memprakarsai, bertanggungjawab secara keseluruhan atau memiliki modal produksi paket acara.
Producer
Bertanggung jawab atas seluruh produksi, dari mulai   perencanaan, penulisan naskah, produksi final dan editing . Bertanggung jawab atas anggaran, biaya produksi  dan merorganisir segala hal, termasuk operasi  produksi dan team.
Program Director
Bertanggung jawab atas hasil audio dan visual  yang di ciptakan, mengarahkan pemain, mengkoordinir seluruh crew baik yang berada di control room maupun di studio floor. Director juga harus memperhatikan beberapa  monitor sekaligus , baik monitor camera atau dari sumber video yang lain ( VTR ), dan memilih shot - shot yang akan di rekam (ON AIR).
Technical Director
Bertanggung jawab dalam mermpersiapkan dan menyetel semua peralatan yang akan di pergunakan , supaya alat yang yang satu dengan lainnya bisa singkron , bertugas mengawasi crew technic dan peralatan  lainnya.
Floor Director
Bertanggung jawab atas pelaksanaan produksi di dalam studio floor, melihat bahwa  segalanya berlangsung dengan baik. Bertindak sebagai penghubung untuk menyampaikan pesan – pesan program director pada crew dan pemain, memberi aba – aba ( cue ) atau tanda – tanda pada pemain setelah mendapat perintah dari sutradara .
Switcherman
Mengoperasikan peralatan video mixer, bertanggung jawab memilih gambar diruang sub control.
Cameraman    
Mempersiapkan dan mengatur camera sehingga memperoleh gambar dengan komposisi yang baik.  
Audioman       
Bertanggung jawab pada peralatan mixing , audio mixer , dan bermacam-macam sumber audio  ( microphone , tape recorder mengatur balance suara dari berbagai sumber juga mengatur penempatan microphone.
Lightingman          
Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan tata cahaya , mengatur penempatan sumber cahaya , mengarahkannya , sehingga memperoleh efec yang di inginkan.       
VTO
Bertanggung  jawab  atas  kualitas  technic  hasil  rekaman pada VCR ( video cassette recorder ) , sekaligus mengoperasikannya .
     
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar