Kamis, 01 Oktober 2015

Bentuk-bentuk Feedback/Umpanbalik

1. Umpan balik internal
Umpan balik yang berasal dari komunikan atau timbul dari luar diri komunikator bisa berupa verbal maupun nonverbal. feedback ini bisa berupa isyarat.
2. Umpan balik Eksternal
Umpan balik yang munculnya dari komunikan. umpan balik bisa berupa ekspresi wajah, gerak-gerik, perilaku dan bahkan suara yang muncul ketika komunikasi deng berlangsing.
3.Umpan balik langsung dan umpan balik tertunda
Umpan balik langsung itu adalah feedback yang bisa langsung kita ketahui dan terjadi saat komunikasi itu berlangsung sedangkan feedback tertunda biasanya terjadi karena komunikasi dilakukan menggunakan komunikasi mass
4.umpan balik verbal dan non verbal
umpan balik verbalitu berupa sesuatu yang sisampaikan komunikan sebagai reaksi pada suatu perilaku komunikasi tertentu yang sedang berlangsung bisa berupa Interupsi, nyeletuk, tauapun sesuatu yang dituliskan di selembar kertas. sedangkan, feedback non verbalberearti tidak berwujud/ tidak diucapkan/ditulis. seperti ekspresi wajah, gerak-gerik, cara duduk, cara beridiri dan lain-lain
5. Inferential feedback
Umpan balik yang diterima dalam komunikasi massa yang disimpulkan sendiri oleh komunikator mesikipun tidak langsung, akan tetapi cukup relevan dengan pesan yang disampaikan.
6. Netral feedback dan zero feedback
netral feedback itu adalah umpan balik yang sulit untuk dinilai karena tidak menunjukan respon positif maupun respon negatif, dengan kata lain feedback ini adalah umpan balik yang tidak jelas. sedangkan, zero feedback itu lebih sulit dimengerti  karena tidak jelas dimana komunikator tidak dapat mengerti apa yang dilakukan oleh komunikan.
7. positive feedback
umpan balik dimana ada isyarat yang ditunjukan oleh komunikan yang menandakan baha komunikan itu memahami, membantu dan mau berkerja sama dengan komunikator untuk mencapai sasaran atau melakukan perlawanan/pertentangan.
8. Negative feedback
umpan balik yang di tunjukan oleh komunikan bahwa ia tidak merespon terhadap komunikasi yang dilakukan oleh komunikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar