Kamis, 01 Oktober 2015

Mean Of Don't Judge Me Challange



Sebenarnya banyak sekali fenomena yang ingin saya bahas tetapi yang paling ngehitz saat ini walaupun sudah enggak etrlalu hitz elain dubsmash itu adalah fenomena "Don't Judge Me Challange".

Fenomena ini sebenar terjadi karena ada seseorang yang bernama Em Ford seorang beauty blogger mengunggah video "You Look Disgusting" 

 . Video ini adalah sebuah kampanye agar khalyak tau  bahwa tidak ada yang bisa menilai baik atau buruknya seseorang hanya dari wajah. di video kita dapan melihat saat em memposting foto tanpa make-up, banyak orang yang membully dirinya ,dan ketika em menggunakan make-up banyak sekali yang memuji dan ada juga cyber bullying yang tetap mencemoohnya. tetapi em malah menghapus make-upnya karena em merasa dirinya yang sebenarnya adalah dia yangtidak menggunakan make-up, dia bangga dan merasa cantik dengan itu..
Tidak lama em mengunggah video itu tiba-tiba muncullah #dontjudgechallange. Don't judge challage ini pada awalnya bertujuan untuk mendukung em ford bahwa tidak ada seseorang pun yang bisa menilai kita buruk karena hanya dilihat dari penampilannya saja. tetapi video dengan hastag Don't judge challange itu pun melenceng karena pada awlanya itu mempunyai tujuan untuk tidak merendahkan orang lain karena penampilannya tapi berubah menjadi ajang lucu-lucuan. 
Banyak orang yang memberikan feedback/respon yang salah dari kampanye ini. Yang seharusnya sebagai kampanye anti-body shaming malah menjadi parody. mereka membuat video dengan menjelek-jelekan dirinya sendiri dengan tahi lalat, alis menyambung, kulit hitam, idung pesek, bibir tebal bahkan berjerawat, setelah itu mereka menutup kamera dan membukanya berubahlah mereka menjadi seseorang yang cantik atau tanpan yang putih, tanpa tahi lalat dan jerawat, memiliki bibir seksi. Semua feedback itu menurut saya akan membuat sebuah streotype kalau orang-orang  tahi lalat, alis menyambung, kulit hitam, idung pesek, bibir tebal bahkan berjerawat itu JELEK dan gak bisa dibilang cantik/tampan.  dan itu semua mempunyai rasisme yang terselubung. 


Pada awlanya kampanye ini sangat berhasil karena memberikan feedback dari komunikan yang baik, tapi semakin lama feedbacknya itu meyerong dan membuat kampanye ini hanya sebagai ajang lucu-lucuan.


Jadi buat kalian yang baru mau bikin video ini kalian harus tau maksud dan tujuan dari #dontjudgemechallange ini baru bikin. jangan malah bikin untuk menghina orang-orang jelek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar